of

Brimob Kaltara Himbau Masyarakat Untuk Tidak Menyebarkan Hoax Tentang Corona

Published 05 April 2020 06:00 By Admin Kaltara

Tarakan –Masyarakat Indonesia mulai diresahkan oleh maraknya informasi yang beredar di media sosial terkait menyebarluasnya Virus Corona (Covid-19).

Seperti halnya yang terjadi dibeberapa wilayah yang menolak pemakaman jenazah positif covid 19 karena kurangnya pengetahuan masyarakat ditambah berita-berita hoax dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga masyarakat yang kurang memahami siklus penyebaran virus menolak daerahnya dibuat pemakaman jeazah covid-19.

Menyikapi informasi tersebut, Satuan Brimob Polda Kaltara menghimbau kepada masyarakat agar bijaksana dan cermat dalam bermedia sosial, tidak gampang percaya dan tidak menyebarluaskan berita-berita yang sumbernya tidak jelas serta tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, serta menanyakan dengan ahlinya terkait penyebaran covid 19, mengingat bahwa pemberitaan yang sifatnya bohong (hoax) dapat menyebabkan keresahan bagi kalangan masyarakat pengguna media sosial, terlebih lagi dengan berita tentang Virus Corona (Covid-19) yang akhir-akhir ini menjadi issue utama.

Disamping itu, bagi penyebar berita hoax dapat diancam pidana penjara 6 (enam) tahun dan denda Rp 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah) sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat (1) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE Subsidair Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tarakan agar tidak membuat atau menyebarluaskan berita atau informasi yang sifatnya bohong (hoax) terlebih lagi dengan informasi hoax tentang Virus Corona yang saat ini mewabah di Wilayah Republik Indonesia pada umumnya, yang dampaknya dapat meresahkan masyarakat, mengingat sanksi pidana atas perbuatan tersebut telah diatur dalam Undang-undang ITE.

 “Bagi masyarakat Kota Tarakan yang ingin mengetahui perkembangan situasi terkait dengan Virus Corona (Covid-19), dapat mengakses pada situs resmi Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan terus gali pengetahuan tentang cara mencegah dan penyebaran covid 19” Kata Dansat Brimob Polda Kaltara.

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Brimob Polda Kaltara Gelar Pelatihan Quick Wins Giat 1 Triwulan 1 Tahun 2020

14 January 2020

Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara, melaksanakan Upacara Pembukaan Pelatihan Quick Wins Giat 1 Triwulan 1  Tahun 2020 Tim Tindak Organisasi Radikal dan Anti Pancasila bagi personil Satbrimob Polda Kalimantan Utara, Selasa (14/01/2020). Bertempat di lapangan apel Mako Satbrimob Polda Kaltara, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Satbrimob Polda Kaltara Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK. Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK, mengatakan, latihan tersebut guna mengasah ketrampilan dan kemampuan, serta kemahiran personel  Satbrimob Polda Kaltara dalam menangani tind...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Satbrimob Polda Kaltara Gelar Sholat Idhul Adha dengan Protokol Kesehatan

31 July 2020

Tarakan – Satuan Brimob Polda Kaltara menggelar Sholat Idul Adha bersama msayarakat dengan mematuhi protokol Kesehatan di Mako Satbrimob Polda Kaltara Kota Tarakan. Jum’at (31/07/2020). Peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 H merupakan hal yang dinanti nanti bagi umat muslim terutama pasca pelonggaran PSBB. Tak seperti Hari Raya Idul Fitri kemarin, Hari Raya Idul adha kali ini sudah dapat diperingati oleh masyarakat Kota Tarakan. Satbrimob Polda Kaltara pada Idul Adha Kali ini kembali menggelar sholat yang sebelumnya masih ada pembatasan terkait kegiatan peribadahan. Pelaksanaan Sholat dilaksa...

Batalyon Pelopor

Stop Pengendera Yang Tidak Menggunakan Masker, Brimob Berikan Himbauan dan Masker Gratis

11 April 2020

Tarakan – Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara stop pengendara yang tidak menggunakan masker untuk diberikan Masker gratis sembari memberikan himbauan wajib menggunakan masker saat diluar rumah kepada masyarakat Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Sabtu (11/04/2020). Pembagian masker dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat di tengah mewabahnya virus Corona. Masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan diluar rumah menjadi sasaran pembagian masker dan sembari diberikan himbauan. Tak hanya membagikan, personil Brimob pun tak lupa menyelipkan pesan bagi mas...

Follow Us