of

Brimob Kaltara Himbau Masyarakat Untuk Tidak Menyebarkan Hoax Tentang Corona

Published 05 April 2020 06:00 By Admin Kaltara

Tarakan –Masyarakat Indonesia mulai diresahkan oleh maraknya informasi yang beredar di media sosial terkait menyebarluasnya Virus Corona (Covid-19).

Seperti halnya yang terjadi dibeberapa wilayah yang menolak pemakaman jenazah positif covid 19 karena kurangnya pengetahuan masyarakat ditambah berita-berita hoax dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga masyarakat yang kurang memahami siklus penyebaran virus menolak daerahnya dibuat pemakaman jeazah covid-19.

Menyikapi informasi tersebut, Satuan Brimob Polda Kaltara menghimbau kepada masyarakat agar bijaksana dan cermat dalam bermedia sosial, tidak gampang percaya dan tidak menyebarluaskan berita-berita yang sumbernya tidak jelas serta tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, serta menanyakan dengan ahlinya terkait penyebaran covid 19, mengingat bahwa pemberitaan yang sifatnya bohong (hoax) dapat menyebabkan keresahan bagi kalangan masyarakat pengguna media sosial, terlebih lagi dengan berita tentang Virus Corona (Covid-19) yang akhir-akhir ini menjadi issue utama.

Disamping itu, bagi penyebar berita hoax dapat diancam pidana penjara 6 (enam) tahun dan denda Rp 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah) sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat (1) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE Subsidair Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tarakan agar tidak membuat atau menyebarluaskan berita atau informasi yang sifatnya bohong (hoax) terlebih lagi dengan informasi hoax tentang Virus Corona yang saat ini mewabah di Wilayah Republik Indonesia pada umumnya, yang dampaknya dapat meresahkan masyarakat, mengingat sanksi pidana atas perbuatan tersebut telah diatur dalam Undang-undang ITE.

 “Bagi masyarakat Kota Tarakan yang ingin mengetahui perkembangan situasi terkait dengan Virus Corona (Covid-19), dapat mengakses pada situs resmi Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan terus gali pengetahuan tentang cara mencegah dan penyebaran covid 19” Kata Dansat Brimob Polda Kaltara.

Brimob Kaltara Amankan Gelaran Walikota Cup

01 December 2019

Tarakan – Personil Satbrimob Polda Kaltara laksanakan pengamanan sepak bola di Stadion Datu Adil Kota Tarakan dalam ajang Walikota Cup yang mempertemukan antara Bhayangkara Benuanta FC vs PS Ksatria Utara Kompi C, Senin (18/11). Kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan serta menjamin kelancaran jalannya pertandingan. Gelaran Walikota Cup yang dihaidiri oleh Wakapolda Kaltara Kombes Pol Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum ini di selenggarakan dengan tujuan untuk mempererat hubungan antar instansi, baik dari Pemerintahan maupun TNI-Polri serta dih...

Batalyon Pelopor

Brimob Disiplinkan Para Remaja Patuhi Protokol Kesehatan

14 July 2020

Tarakan  – Patroli Satuan Brimob Polda Kaltara melalui Kompi 2 Pelopor terus memantau kegiatan masyarakat dalam beradaptasi kebiasaan baru di wilayah Kota Tarakan. Senin Malam (14/07/2020). Satbrimob Polda Kaltara terus memantau aktivitas Masyarakat di tempat-tempat keramaian yang berada di Kota Tarakan. Demi memberikan pemahaman terkait bahaya covid-19, Tim Patmor juga memberikan himbauan untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak merupakan hal wajib dilaksanakan oleh masyarakat dalam adaptasi kebiasaan baru ...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

TNI-Polri dan Pemerintahan mempersiapkan menghadapi New Normal Di Provinsi Kaltara.

29 May 2020

Pandemi covid-19 makin hari makin menyebar luas. Bahkan di Tarakan jumlah penderita covid-19 makin bertambah setiap harinya diseluruh wilayah Kalimantan Utara. Di kota Tarakan sendiri Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) telah dilakukan dan akan selesai pada tanggal 6 juni mendatang. Setelah itu Tarakan akan memulai The New Normal sebagai pengganti dari PSBB dan sebagai awal mula Tarakan untuk hidup lebih bersih dan lebih baik lagi ditengah pandemi covid-19. Sebagai permulaan petugas gabungan dari TNI Polri dan Pemerintahan menggelar simulasi berkaitan pendisiplinan Masyarakat menuju New Norm...

Follow Us