of

Unit Jibom Den Gegana kembali temukan Granat aktif sisa PD II di Kota Tarakan

Published 06 April 2021 11:27 By Admin Kaltara

TARAKAN – Satu unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara lakukan evakuasi temuan Granat aktif sisa Perang Dunia II di Kel. Juata Krikil Kec. Tarakan Utara Kota Tarakan. Senin, 05/04/2021.Benda mencurigakan kembali ditemukan salah seorang warga di Kota Tarakan . Penemuan ini dimulai ketika Saudara Jones (25) yang sedang melaksanakan penggalian pasir mendapati benda keras di tengah medan galiannya. Dengan langsung bergegas melaporkan benda temuannya ke Mako Satbrimob Polda Kaltara yang diterima oleh personel penjagaan. Laporan ini kemudian diteruskan kepada Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara.

Dengan langsung mempersiapkan peralatan yang ada unit jibom Detasemen gegana bergegas menuju lokasi penemuan tersebut. Personel yang terlibat kali ini dipimpin oleh Bripka Budiono selaku PS. Panit Jibom Den Gegana. Benda temuan kali ini berupa Granat aktif sisa perang dunia II.

Kota Tarakan  merupakan salah satu lokasi pertempuran pada perang dunia kedua sehingga banyak sekali peninggalan sejarah termasuk benda militer.  Oleh sebab itu tak heran jika unit jibom sering sekali mendapatkan informasi terkait penemuan benda militer seperti mortir, torpedo dan bahan peledak lainya yang masih aktif.

Wadan Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara Ipda Anggit Ilham Pratama, S.Trk. membenarkan terkait penemuan tersebut. “Mendengar informasi dari masyarakat, Den Gegana langsung bergegas untuk menindak lanjuti benda mencurigakan tersebut dan benar telah ditemukan granat aktif,” kata Ipda Anggit.

Ia menambahkan bahwa Unit Jibom telah dikerahkan dalam proses evakuasi tersebut, “Kami mengerahkan satu unit jibom dalam proses evakuasi ini, dengan prosedur yang ada personel mengevakuasi mortir untuk di amankan,” tutupnya.

Dengan adanya penemuan mortir ini, Wadan Subden Gegana mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib jika ada menemukan benda mencurigakan yang menyerupai bom atau mortir, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Dipimpin Kabag Ops Satbrimob, Dekontaminasi Terus Dilaksanakan

25 March 2020

Tarakan – Giat Dekontaminasi penumpang pesawat udara yang baru datang dari luar provinsi Kaltara terus dilaksanakan hingga kedatangan pesawat terakhir pada pukul 21.00 Wita di Bandara International Juwata Kota Tarakan, Senin, 23 Maret 2020. Dipimpin langsung PS. Kabag ops Satbrimob Polda Kaltara Iptu Ucok P Nababan, SH , 5 personil KBR Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara dan personil Kesjas tetap semangat mensterilkan penumpang yang baru datang. “kita akan laksanakan dekontaminasi kepada penumpang setiap hari, semoga upaya ini dapat mencegah penyebaran virus corona dan tidak masuk di Pro...

Batalyon Pelopor

Kembali, Brimob Kompi 3 Menerima Kunjungan Anak-anak Ke Mako

17 February 2020

Nunukan – Mako Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara hari ini, Jumat (14/02/2020) menerima kunjungan Belajar Paud Ulul Albab ,Paud Kb Raflesia dan Paud Qolbun Salim sebagai sarana edukasi anak bersama Brimob yang humanis sebagai Brimob sebagai sahabat anak. Tiba di Mako Brimob rombongan anak- anak Paud Ulul Albab, Paud Kb Raflesia, dan Paud Qolbun Salim ini langsung diarahkan oleh anggota Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob untuk dikasih penjelasan tentang tugas dan fungsi brimob berikut alat dan persenjataan yang dimiliki Satbrimob Polda Kaltara. Anak-anak dari Paud Ulul...

Batalyon Pelopor

Iptu M. Nur Sugiharto Ajak Personil Rawat Bibit Pohon

05 February 2020

Malinau – Dalam rangka “Polri Peduli Penghijauan” seluruh personil jajaran Satbrimob Polda Kaltara melaksanakan giat penanaman Pohon di area Mako disetiap wilayah masing-masing. Selain bertujuan untuk mengurangi pemasanan global, Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperindah Mako Brimob yang berada di Provinsi Kalimantan Utara, Rabu, 05/02/2020. Sampai saat ini sudah ratusan lebih bibit pohon yang ditanam di Mako Brimob baik yang berada di Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Malinau. Untuk menindaklanjuti kelangsungan program yang sudah dilaksanakan, Dansat Brim...

Follow Us