of

Unit Jibom Den Gegana kembali temukan Granat aktif sisa PD II di Kota Tarakan

Published 06 April 2021 11:27 By Admin Kaltara

TARAKAN – Satu unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara lakukan evakuasi temuan Granat aktif sisa Perang Dunia II di Kel. Juata Krikil Kec. Tarakan Utara Kota Tarakan. Senin, 05/04/2021.Benda mencurigakan kembali ditemukan salah seorang warga di Kota Tarakan . Penemuan ini dimulai ketika Saudara Jones (25) yang sedang melaksanakan penggalian pasir mendapati benda keras di tengah medan galiannya. Dengan langsung bergegas melaporkan benda temuannya ke Mako Satbrimob Polda Kaltara yang diterima oleh personel penjagaan. Laporan ini kemudian diteruskan kepada Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara.

Dengan langsung mempersiapkan peralatan yang ada unit jibom Detasemen gegana bergegas menuju lokasi penemuan tersebut. Personel yang terlibat kali ini dipimpin oleh Bripka Budiono selaku PS. Panit Jibom Den Gegana. Benda temuan kali ini berupa Granat aktif sisa perang dunia II.

Kota Tarakan  merupakan salah satu lokasi pertempuran pada perang dunia kedua sehingga banyak sekali peninggalan sejarah termasuk benda militer.  Oleh sebab itu tak heran jika unit jibom sering sekali mendapatkan informasi terkait penemuan benda militer seperti mortir, torpedo dan bahan peledak lainya yang masih aktif.

Wadan Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara Ipda Anggit Ilham Pratama, S.Trk. membenarkan terkait penemuan tersebut. “Mendengar informasi dari masyarakat, Den Gegana langsung bergegas untuk menindak lanjuti benda mencurigakan tersebut dan benar telah ditemukan granat aktif,” kata Ipda Anggit.

Ia menambahkan bahwa Unit Jibom telah dikerahkan dalam proses evakuasi tersebut, “Kami mengerahkan satu unit jibom dalam proses evakuasi ini, dengan prosedur yang ada personel mengevakuasi mortir untuk di amankan,” tutupnya.

Dengan adanya penemuan mortir ini, Wadan Subden Gegana mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib jika ada menemukan benda mencurigakan yang menyerupai bom atau mortir, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Batalyon Pelopor

Petugas Gabungan Pantau Kegiatan Masyarakat di Pelabuhan Jelang Tahun Baru

30 December 2020

Bulungan  – Demi terus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif jelang tahun baru, Brimob Kompi 1 Batalyon A Pelopor bersama instansi terkait lainya  terus memantau sarana transportasi di Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara. Rabu (29/12). Posko operasi Lilin Kayan 2020 yang berada di beberapa titik seperti pelabuhan, pasar dan lokasi keramaian lainnya sebeagai bentuk kesiapan satuan kewilayahan dalam menjaga keamanan menyambut tahun baru 2021 . Dalam patroli yang dilaksanakan personel Brimob, Posko Operasi lilin dikunjungi untuk meningkatkan koordinasi bersama petugas keamanan lainnya.  Person...

Batalyon Pelopor

Patroli Brimob Pastikan Keamanan Bank Indonesia Sebagai Salah Satu Objek Vital Di Kaltara

20 July 2020

Tarakan  - Patroli Motor Kompi 2 Batalyon A Pelopor melaksanakan patroli memantau situasi dan memastikan keamanan pada masa pandemi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara. Senin  (20/07/2020). Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara salah satu objek vital yang berada di Kota Tarakan Kalimantan Utara. Banyaknya instansi Pemerintahan dan obyek vital di kota ini menjadi perhatian terutama dari segi keamanannya terutama dalam masa pandemi ini. Saat ini situasi kamtibmas di masyarakat tetap menjadi hal yang utama. Dengan berpatroli menggunakan kendaraan bermotor personel Br...

Batalyon Pelopor

Tim Patmor Brimob Kaltara Sambangi Pos Pelayanan Natal 2019 & Tahun Baru 2020

28 December 2019

Tanjung Selor – Regu patroli Kompi 1 Batalyon A Pelopor dipimpin Brigpol Andreas  laksanakan giat patroli bermotor dalam rangka Ops Lilin Kayan 2019 DI Tanjung Selor, Kalimantan Utara, Rabu, 25/12/2019 Dalam melaksanakan giat patrol bermotor ini, Personil Brimob Kompi 1 Batalyon A Pelopor dilengkapi dengan helm, rompi anti peluru, dan senjata. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan upaya-upaya oknum masyarakat yang mengganggu kamtibmas sekaligus upaya memberikan rasa aman bagi masyarakat yang merayakan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.  Sementara itu,dikonfirmasi terpisah Komandan Satu...

Follow Us