of

Manfakatkan Profil Bekas, Wadansat Brimob Beternak Lele Dukung Program Ketahanan Pangan.

Published 03 June 2020 10:23 By Admin Kaltara

Tarakan – Wadansat Brimob Polda Kaltara berinovasi manfaatkan profil bekas untuk digunakan sebagai tempat beternak lele mendukung program ketahanan pangan Kapolri.

Pandemi Virus Corona yang melanda Bangsa Indonesia tak terkecuali di Provinsi Kalimantan Utara. Jumlah kasus Covid-19 yang masih belum mereda hingga saat ini mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan yang  dirasakan masyarakat. Memang tak bisa di pungkiri selama masa pandemi, akses masyarakat untuk mendapatkan pangan cukup terbatas, karena mengganggu segala sendi kehidupan baik kesehatan, sosial maupun ekonomi. Selain itu beberapa dampak nyata tersebut juga berpotensi memunculkan tindak kriminalitas di masyarakat karena terdesak oleh kebutuhan pangan dan problematika lainnya yang disebabkan pandemi ini.

Menyikapi dampak yang terjadi saat ini, jajaran Kepolisian terus berinovasi memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kepala Kepolisian Negara Indonesia Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si. memerintahkan jajarannya untuk membantu pemerintan menangani dampak  Covid-19 dalam program Ketahanan Pangan yang disampaikannya. Satbrimob Polda Kaltara yang merupakan salah satu garda terdepan penanganan Covid-19 di wilayah Kalimantan Utara bergerak cepat dengan terus berinovasi  untuk membantu program ketahanan pangan tersebut.

Kali ini Wakil Komandan Satuan Brimob Pola Kaltara AKBP Sutrisno Hady Santoso, SIK. berinisiatif membuat suatu tempat untuk digunakan sebagai wadah untuk beternak ikan. Ia melihat sebuah profil tank bekas yang tidak terpakai dan memodifikasinya dengan melubangi bagian samping agar dapat dimasukan ikan kedalamnya. Dengan posisi profil tank yang ditidurkan , maka akan seperti bak yang berukuran besar yang dapat menampung air lebih banyak dari pada bak pada umumnya. Dengan inovasi yang dibuatnya Wadansat Brimob mulai beternak lele yang nantinya dapat membantu program ketahanan pangan Kapolri. Wadansat Brimob menyampaikan  bahwa kegiatan yang ia lakukan terinspirasi dari kolam ikan yang ada di Mako Satbrimob Polda Kaltara, “dengan adanya program ketahanan pangan ini, saya berinisiatif untuk memanfaatkan sebuah benda yang tidak terpakai yang bisa digunakan untuk beternak ikan  seperti kolam yang ada di Makosat.” Ucapnya.

Sebernarnya beternak ikan bukan merupakan hal baru di Satbrimob Polda Kaltara. Sebelumnya Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara Kombes Pol. Heri Sulesmono, SIK.  juga sudah menyulap salah satu lahan kosong di lingkungan Mako Satbrimob Polda Kaltara Kota Tarakan untuk  dijadikan kolam ikan yang ukurannya cukup luas. Selain itu Ia juga sudah menaruh bibit ikan untuk dikembang biakkan di kolam tersebut. Meskipun sebelumnya kolam tersebut belum dirawat secara baik, namun dengan adanya program ketahanan pangan ini nantinya akan terus diperhatikan baik dari segi pembibitan dan pemberian pakan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal agar hasil panen tersebut dapat mendukung kegiatan sosial bagi masyarakat.

Ditemui usai kegiatan pemberian pakan ikan Dansat Brimob Polda Kaltara menjelaskan bahwa dalam situasi pandemi ini Polri dituntuk untuk terus aktif dan berinovasi dalam membantu pemerintah menghadapi dampak dari pandemi covid-19. “dalam masa pandemi seperti ini jajaran Kepolisian dituntun untuk aktif dalam kegiatan sosial kepada masyarakat dan terus berinovasi guna membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, ya salah satunya ya seperti dilaksanakan Wadan ini dengan beternak ikan. ” ujarnya.

Dengan terus berinovasi dan mendukung penuh program ketahanan pangan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19.  Selain itu kegiatan sosial kepada masyarakat juga harus tetap dilaksanakan agar dampak ini segera terlewati dan kondisi kehidupan masyarakat lekas pulih dan normal kembali.

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Patroli Gabungan Himbau Warga Akan Pentingnya “Sosial Distancing”

25 March 2020

Tarakan – Patroli gabungan TNI Polri yang terdiri dari personil Satbrimob Polda Kaltara, Polsek Tarakan Timur, dan TNI melakukan razia tempat-tempat keramaian di wilayah Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu, 25/03/2020. Petugas meminta para warga kembali kerumah masing-masing dan mengurangi kerumunan orang untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19. "Ada beberapa lokasi, yang dijadikan tempat nongkrong kita bubarkan. Sebelumnya himbauan agar tetap di rumah sudah disampaikan, namun tetap masih ada juga yang sering berkumpul di warkop," kata Ipda Edi ...

Batalyon Pelopor

Brimob Sambangi Tokoh Masyarakat berdialog terkait penerapan New Normal

20 June 2020

Tarakan - Tim patmor Kompi 2 Batalyon A Pelopor kembali melaksanakan Patroli sambang tokoh masyarakat terkait penerapan New Normal di Kota Tarakan. Sabtu (20/06/2020). Peraturan New Normal merupakan langkah pemerintah dalam menangani wabah covid-19. Disamping untuk memulihkan perekonomian masyarakat, peraturan ini juga untuk mengembalikan pola kehidupan masyarakan dengan mengutamakan protokol kesehatan. Kali ini Patroli sambang Satbrimob Polda Kaltara kembali mengunjungi salah satu tokoh masyarakat untuk berdikusi dan berdialog terkait penerapan new Normal di Kota tarakan. Dalam kegiatan ters...

Batalyon Pelopor

Brimob Malinau semprotkan disinfektan di pemukiman warga

29 April 2020

Malinau – Meningkatnya kasus Covid-19 di wilayah Kaltara khususnya Kabupaten Malinau membuat warga meningatkan kewaspadaannya. Sebagai upaya pencegahan meluasnya wabah virus Covid-19 serta sebagai langkah antisipasi dan pencegahan Virus Corona, personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara melakukan penyemprotan pemukiman warga di wilayah Malinau Kalimantan Utara. Rabu (29/04/2020). Pada kesempatan ini Personil Brimob Kompi 1 memberikan bantuan penyemprotan disinfektan di rumah rumah warga serta himbauan kepada warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan diri, kurangi aktif...

Follow Us