of

1 Pleton Brimob Kaltara Ikuti Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kayan 2019

Published 20 December 2019 06:00 By Admin Kaltara


Bulungan – 1 Pleton Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin Kayan 2019 di Mapolda Kaltara yang dipimpin oleh Direktur Samapta Polda Kaltara, Kamis 19 Desember 2019.

Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan. Serta soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari Natal dan tahun baru 2020.

“Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020,” sebutnya.

Fokus pengamanan personel itu seperti gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan dan bandara. Dengan melibatkan setidaknya 824 personel kepolisian dan 409 orang dari instansi terkait seperti Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, Damkar, Linmas, Senkom, UPP dan KSOP serta Basarnas. “Personel polda ada 60 orang dan personel seluruh polres jajaran sebanyak 764 orang serta dari instansi samping terlibat,” jelas Dirsamapta Polda Kaltara.

Untuk objek yang akan dijaga keamanannya saat operasi lilin, yakni 385 gereja, 4 terminal, 23 pelabuhan, 5 bandara, 27 pusat perbelanjaan dan 32 objek wisata. Dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi. Serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Berdasarkan prediksi intelijen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi. Yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait. Untuk menentukan Iangkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah.

Dansat Brimob Polda Kaltara memberikan penekanan terhadap anggota yakni melakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat. Serta optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. “Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system,” kata Dansat Brimob Polda Kaltara.

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Sinergitas Perbatasan, TNI POLRI Bagikan Sembako di Tengah Pandemi Covid-19

11 April 2020

Nunukan - Merebaknya Pandemi Virus Covid-19 di perbatasan RI - Malaysia di kabupaten Nunukan Kalimantan Utara tidak hanya berdampak kerugian jiwa akibat terpapar Covid-19, namun juga mempengaruhi ekonomi kehidupan sosial di masyarakat.  Dampak tersebut menjadi perhatian TNI POLRI di Nunukan, dengan sinergitas dan kekompakan satuan keamanan tersebut, mereka secara masif membagikan paket Sembako gratis ke masyarakat yang membutuhkan pada program Polres dan TNI Nunukan peduli kemanusiaan.  "Kita bagikan kepada Petugas lepas Harian (PLH) yang bekerja di lingkungan perkantoran Polres Nunukan, jug...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana

Terus perketat pengawasan, Patroli Brimob Tinjau Posko Angkutan Laut Pelabuhan Tarakan

31 December 2020

Tarakan  – Jelang tahun baru pengawasan aktivitas masyarakat terus ditingkatkan guna menjaga kondusifitas kamtibmas di berbagai sarana transportasi di Kota Tarakan. Patroli rutin Brimob kali ini mengunjungi Posko angkutan laut pelabuhan tengkayu Tarakan. Kamis, (31/12) Operasi Lilin Kayan 2020 yang kurang lebih sudah berjalan selama dua pekan ini memberikan pelayanan dan rasa aman kepada masyarakat selama libur natal dan tahun baru. Personil Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor bersama Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara kembali melaksanakan patroli dengan  mengunjungi Posko Operasi penyelen...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Patroli Gabungan memantau wilayah Tarakan Timur

29 March 2020

Tarakan – Patroli Gabungan Satuan Brimob Polda Kaltara bersama Satuan kewilayahan memantau wilayah Tarakan Timur. Sabtu (28/03/2020). Penyebaran Covid-19 yang semakin menghawatirkan di Indonesia membuat pemerintah menerapkan siaga virus tersebu. Sejumlah aturan mulai diterapkan mulai dari social distancing, menetapkan libur bagi para pelajar dan himbauan untuk tetap tinggal dirumah serta masih banyak lagi yang lainya. Usai dilaksanakannya patroli himbauan di wilayah Kota Tarakan beberapa waktu lalu, kini tim Patroli gabungan melaksanakan patroli kembali guna memantau masyarakat wilayah Taraka...

Follow Us