of

1 Pleton Brimob Kaltara Ikuti Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kayan 2019

Published 20 December 2019 06:00 By Admin Kaltara


Bulungan – 1 Pleton Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin Kayan 2019 di Mapolda Kaltara yang dipimpin oleh Direktur Samapta Polda Kaltara, Kamis 19 Desember 2019.

Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan. Serta soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari Natal dan tahun baru 2020.

“Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020,” sebutnya.

Fokus pengamanan personel itu seperti gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan dan bandara. Dengan melibatkan setidaknya 824 personel kepolisian dan 409 orang dari instansi terkait seperti Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, Damkar, Linmas, Senkom, UPP dan KSOP serta Basarnas. “Personel polda ada 60 orang dan personel seluruh polres jajaran sebanyak 764 orang serta dari instansi samping terlibat,” jelas Dirsamapta Polda Kaltara.

Untuk objek yang akan dijaga keamanannya saat operasi lilin, yakni 385 gereja, 4 terminal, 23 pelabuhan, 5 bandara, 27 pusat perbelanjaan dan 32 objek wisata. Dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi. Serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Berdasarkan prediksi intelijen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi. Yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait. Untuk menentukan Iangkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah.

Dansat Brimob Polda Kaltara memberikan penekanan terhadap anggota yakni melakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat. Serta optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. “Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system,” kata Dansat Brimob Polda Kaltara.

Makosat

Dansat Brimob Kaltara Hadiri Festival Iraw Tengkayu 2019

23 December 2019

Tarakan - Festival atau Carnaval Iraw Tengkayu merupakan perayaan Adat Tidung yang diadakan 2 tahun sekali bersamaan dengan hari jadi kota Tarakan. Dansat Brimob Polda Kaltara, Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK menghadiri acara tersebut, Minggu, 22 12 2019. “Bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Tarakan dan Kementerian Pariwisata, perayaan Iraw Tengkayu terbagi menjadi 2,” ujarnya Walikota Tarakan dr. Khairul M.kes. Tanggal 15 Desember silam, Iraw Tengkayu dikelola oleh Bank Kaltimtara, dengan mengadakan upacara dalam rangka ulang tahun kota Tarakan. Selanjutnya pada malam har...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Dansat Brimob Berikan Bantuan Kepada Masyarakat Tangani Dampak Pandemi Covid-19

11 April 2020

Tarakan – Satbrimob Polda Kaltara memberikan bantuan kepada masyarakat guna menangani dampak pandemi Covid-19 di wilayah Kota Tarakan Kalimantan Utara. Sabtu (11/04/2020). Pandemi Covid-19 memang memberikan dampak nyata bagi berbagai kalangan masyarakat di Indonesia maupun mancanegara. Selain dari segi kesehatan, perekonomian masyarakat juga merasakan efek buruk karena pandemi virus tersebut. Berhentinya beberapa kegiatan masyarakat  menimbulkan berkurangnya penghasilan dari para pekerja harian maupun kalangan pekerja lainya. Kali ini, Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol. Heri Sulesmono, S...

Batalyon Pelopor

Brimob Malinau Salurkan Bantuan Polri Peduli Covid-19 kepada Masyarakat Pelosok

16 June 2020

Malinau – Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara kembali Salurkan bantuan paket sembako Polri Peduli Covid-19 kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Malinau Kalimantan Utara. Selasa (16/06/2020). Kabupaten Malinau merupakan salah satu daerah di Provinsi Kaltara yang terdampak pandemi covid-19, meskipun populasi penduduknya belum sepadat daerah lainnya kabupaten ini mencatat 33 pasien positif corona. Akibat wabah ini berbagai dampak dirasakan masyarakat terutama dari segi ekonomi. Menyikapi hal tersebut Polri terus berusaha mambantu lewat berbagai kegiatan sosial un...

Follow Us